Tuesday, October 10, 2017

Laporan lengkap Teknologi pengolahan hasil pertanian TPHP UNTAD



Assalamualaikum Teman teman kali ini saya akan membagikan laporan praktikum matakuliah TPHP UNTAD .... selamat melihat apaila ada kekurangan itu berarti dari peneliian kita



BAB I. PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
     Eskrim merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama sama .Bahan  yang  digunakan adalah kombinasi susu dengan bahan tambahan seperti gula dan madu atau tanpa bahan perasa dan warna ,dan stabilizer. Roti adalah makanan yang dibuat dari tepung terigu yang diragikan dengan ragi roti dan di panggang .Kedalam adonanb oleh di tambahkan garam, gula, susu, lemak dan bahan-bahan pelezat seperti coklat, kismis.   Di pasaran roti umumnya dijual dalam bentuk roti manis dan roti tawar.    Eskrim merupakan makanan padat dalam bentuk beku yang banyak disukai oleh masyarakat mulai dari anak - anak, remaja, dewasa, hingga manula. Banyaknya masyarakat yang menyukai eskrim karena rasanya yang lezat, manis danteksturnya lembut. Bahan - bahan yang digunakan dalam pembuatan eskrim adalah lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa (Berger,  1997).
  Roti adalahmakanan yang terbuatdaritepungterigu, air, danragi yang pembuatannyamelaluitahappengulenan, fermentasi (pengembangan), danpemanggangandalam oven.Bahandan proses yang dilaluinyamembuat roti memilikitekstur yang khas( Moehyi, 1992).
          Secara umum roti biasanya dibedakan menjadi roti tawardan roti manis atau roti isi.  Roti tawar adalah roti yang tidak ditambahkan rasa atau isi apapun,  sehingga rasanya tawar.   Iasanya konsumen menambahkan sendiri isinya sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.  (Moehyi, 1992).
1.2         Tujuan
Tujuan dari praktikum mata kuliah teknologi pengolahan hasil pertanaian tentang pembuatan es krim yaitu mempelajari metode pembuatan es krim. Sedangkan tujuan praktikum teknologi pembuatan roti yaitu mempelajari cara pengolahan roti dengan membuat alat  dan mengetahui teknologi pengolahan roti secara manual.
1.3         Manfaat
Manfaat praktikum Teknologi Pengolahan Hasil Petanian yaitu memberikan ide-ide baru dalam hal pengolahan hasil pertanian agar dapatmenambahnilaiekonomisdarihasilpertanian.
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1     Pengolahan Ice Cream                 
          Banyaktersediabahaneskrim yang mudahdalampembuatannya, yaitueskriminstan, denganadanyaeskrim yang mudahdanpraktiskonsumsieskrim di Indonesia mulaimeningkatsecaraseringdenganadanyaeskriminstan yang pemuatannyatidakmemerlukanahlikhususdandapatdibuat di rumah.
2.1.1  Ice cream
          Eskrimyaituproduksusubekuberbentuksusupadat yang dibuatdaricampuransusu, gula, bahanpemantap, bahanpenyedap rasa serta aroma denganatautanpapenambahanbahanmakananlainnya (bahanpengemulsidanpewarna) dandikemasdalamplastikataukartonkhusus (Eckles 1980)..
          Komposisieskrim paling baikadalah 12% lemak, padatansusutanpalemak 11%, gula 15%, bahanpenstabildanpengemulsi 0,3% dan total padatan 38,3%. Jumlah protein di dalameskrimcukuptinggi. Protein tersebutsebagianbesarberasaldarisusu yang mengandung protein hewani yang sangatbaikdansisanyaberasaldaribahanpenstabil. (Mc Sweeney & Fox 2009).
 
2.2     Pengolahan Roti
          Roti adalahproduk yang diperolehdariadonantepungterigu yang diragikandenganragi roti dandipanggang, denganatautanpapenambahanbahanmakanan lain danbahantambahanmakanan yang diizinkan.
2.2.1  Roti
          Roti adalahprodukmakanan yang terbuatdaritepungteriguyang ifermentasikandenganragi roti ( Saccharomyces cerevisiae ), air danatautanpapenambahanmakanan lain dandipanggang.Kedalamadonandapatditambahkangula, garam, susuataususububuk, lemak, pengemulsidanbahan-bahanpelezatseperticokelat, keju, kismisdan lain-lain (Sufi, 2009).

          Berdasarkanrasanya roti dapatdibedakanmenjadiduayaitu roti tawardan roti manis. Roti tawarmerupakan roti yang dibuatdengansedikitgulaataubahkantidaksamasekali. Sedangkan roti manismerupakan roti yang memilikicita rasa manis yang menonjol, berteksturempuk, diberibermacam-macamisi  (Mudjajanto, 2007),
BAB III. METODE PRAKTIKUM
3.1     WaktudanTempat
PraktikummataTeknologipengolahanhasilpertanianinidilaksanakan pada harikamistanggal08 dan 15 Desember 2016. Daripukul 09.00 WITsampaidenganselesai.Yang bertempatdi laboratoriumTeknologihasilpertanianFakultaspertanianUniversitasTaduako, Palu.
3.2     BahandanAlat
          Bahan yang digunakandalampraktikumpembuataneskrimyaitutepungpondaneskrimdansusucair. Sedangkanalat yang digunakanyaitubaskom, mixer, freezer, pengaduk, cup eskrim, sendok.
          Bahan yang digunakandalampraktikumpembuatan roti yaitutepungterigucakrakembar, margarin, ragi, gula, garam, susububuk, telur, danisian filling. Sedangkanalat yang digunakanyaitutimbangan, oven, automatic breadmaker, dansendok.
3.3     Cara Kerja
3.3.1  Pembuataneskriminstan
Pondan es krim + susu cair 500 ml
Di mixer hingga kental dan mengembang
Dimasukan dalam cetakan
Simpan dalam freezer untuk dibekukan selama 24 jam
Es krim
 





3.3.2  Teknologipengolahan roti
Masukan semua bahan dalam wadah alat automatic breadmaker
Timbang bahan
Tepung terigu = 370 gr
Margarin = 36 gr
Telur 1 butir + air = 232 gr
Telur 1 butir + air, gula 4 sb, garam 1/2 sk, susu bubuk 3 sb, tepung terigu, margarin, dan ragi 11/2 sk.
 




                                                                                                                                   

Bahan cair terlebih dulu dimasukan
Dipanggang dalam alat automatic breadmaker selama 15 menit
Bagi adonan menjadi 6 bagian, lalu bulatkan dan di isi filling
Di adon dan difermentasi dalam alat automatic breadmaker masing-masing selama 30 menit
 
















BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1     Hasil
BerdasarkanhasilpraktikumTeknologiPengolahanHasilPertaniandidapatkanhasilsebagaiberikut:
Tabel 1.HasilUjiOrganoleptikPembuatanEskriminstandanpembuatan roti
Ujiorganoleptik
Pembuataneskriminstan
Pembuatan roti
Warna
Putih
Kecoklatan
Tekstur
Lembut
Lembutbagiandalamdankrispibagianluar
Rasa
Agakmanis
Enaktapiagakasin
Aroma
Wangi susu

Penampilan

Kurangmenarik

4.2     Pembahasan
4.2.1  Pembuatan Es krim instan
          Berdasarkan hasil dari praktikum  Teknologi pengolahan hasil pertanian tentang pembuatan es krim instandi peroleh hasil sebagai berikut  warna dari es krim instan yang di buat yaitu berwarna putih, tekstur dari es krim bertekstur lembut, memiliki rasa yang agak manis dan memiliki aroma wangi susu. Rasa dan aroma juga dapat di pengaruhi banyaknya kandungan gula pada eskrim.
          Pada es krim instan yang membuat aroma lebih mendominasi adalah bahan-bahan dalam ICM yang lebih besar konsentrasinya dibanding dengan bahan pengembang (Winarno,1994).
          Aroma es krim instan lebih didominasi oleh aroma susu skim bubuk, susu full cream bubuk dan gula yang memiliki konsentrasi lebih besar dibandingkan dengan konsentrasi gum arab konsentrasi pada perlakuan susu skim bubuk 8,1 %, susu full cream bubuk 8,1 % dan gula 15 % yang menjadikan aroma es krim instan berkisar pada “aroma gula” dan “sedikit aroma susu” (Winarno,1994).
          Tekstur dapat di pengaruhi beberapa faktor seperti ukuran, bentuk dan distribusi dari kristal es dan partikel lainnya yang membentuk body es krim (Barraquia, 1978).
4.2.2  Pembuatan roti
          Berdasarkan hasil dari praktikum pengolahan hasil pertanian tentang pembuatan roti di peroleh hasil sebagai berikut yaitu memiliki warna kecoklatan, tekstur lembut bagian dalam dan krispi bagian luar, rasa agak sedikit asin dan memiliki penampilan kurang menarik. Hasil dari praktikum ini dapat juga di pengaruhi oleh campuran adonan ataupun lama pemanggan dari roti tersebut.
          Tekstur dapat di pengaruhi oleh air, Air memungkinkan terbentukna gluten, berperan mengontrol kepadatan adonan, melarutkan garam, menaham dan menyebarkan bahan-bahan bukan tepung secara seragam, membasahi dan mengembangkan pati serta menjadikannya dapat dicerna. Air juga memungkinkan terjadinya kegiatan enzim (Mudjajanto, 2004.).
          Gula pada roti dapat mempengaruhi terutama berfungsi sebagai makanan ragi selama fermentasi sehingga dapat dihasilkan karbondioksida dan alkohol. Gula juga dapat berfungsi untuk memberi rasa manis, flavor dan warna kulit roti (crust). Selain itu gula juga berfungsi sebagai pengempuk dan menjaga freshness roti karena sifatnya yang higroskopis (menahan air) sehingga dapat memperbaiki masa simpan roti (Mudjajanto, 2004.).
          Alasan utama pemakaian susu dalam pembuatan roti adalah untuk meningkatkan nilai gizi. Susu mengandung protein (kasein), gula laktosa dan mineral kalsium. Susu juga memberikan efek terhadap warna kulit roti dan memperkuat gluten karena kandungan kalsiumnya (Mudjajanto, 2004.).
         












BAB V. PENUTUP
5.1     Kesimpulan
          Berdasarkan hasil dari praktikum pengolahan hasil pertanian dapat di simpulkan sebagai berikut :
1.       Eskrimyaituproduksusubekuberbentuksusupadat yang dibuatdaricampuransusu, gula, bahanpemantap, bahanpenyedap rasa serta aroma denganatautanpapenambahanbahanmakananlainnya
2.       Roti adalahproduk yang diperolehdariadonantepungterigu yang diragikandenganragi roti dandipanggang roti terbagi menjadi dua jenis yaitu roti rawar dan roti manis.
3.       Berdasarkan hasil dari praktikum pengolahan hasil pertanian tentang pembuatan es krim dapat di simpulkan memiliki warna putih, tekstur lembut, rasa agak manis, aroma wangi susu.
4.       Berdasarkan hasil dari praktikum pengolahan hasil pertanian tentang pembuatan roti dapat di simpulkan memiliki warna kecoklatan, tekstur lembut bagian dalam krispi bagian luar, rasa agak manis dant tampilan kurang menarik.
5.       Berdasarkan dari hasil pembuatan es krim dan pembuatan roti bahwa hasil yang di peroleh dapat di pengaruhi oleh proses pembuatan dan juga kandungan bahan yanag di guanakan


5.2     Saran
          Di harapkan untuk para praktikum agar lebih teliti dan serius dalam mengikuti praktikum      dan agar lebih berhati- hati dalam menggunakan alat- alat yang yang di gunakan dalam praktikum.




semoga Bermanfaat .......kunjungi juga laporan lain.
         










Copyright © SATUUNTAD All Right Reserved
Powered by Blogger