Saturday, April 21, 2018

Cara Merakit Headset HP Menjadi Microphone Sederhana

Cara Merakit Headset HP Menjadi Microphone Sederhana


Hello gues, ya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips atau bisa dibilang tutorial tentang cara merakit Hedset Hp menjadi Microphone Sederhana Tapi keren. Di tutorial tentang cara merakit Headset menjadi Microphone ini, saya akan memberikan du cara silahkan kamu simak dibawah ini.
Headset merupakan gabungan dari headphone dan juga microphone yang biasa digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara saat terkoneksi dalam sebuah perangkat elektronik. Dari sekian banyaknya orang, umumnya headset hanya digunakan sekedar untuk mendengarkan audio saja.

Jika dulu Handset hanya kita gunakan sebagai alat untuk mendengarkan suara saja, namun saat ini sudah bisa kita gunakan sebagai alat microphone.  jika teman-teman ingin belajar bagimana cara setting headset handphone menjadi sebuah microphone pada laptop ataupun PC. Mungkin dari teman-teman ada yang mengalami masalah ketika anda ingin mewawancarai seseorang dengan merekam video dengan ponsel/ smartphone bersistem operasi android salah satunya suara yang jauh dari narasumber sehingga suara dari narasumber tidak terdengar jelas jika proses wawancara berada ditempat berisik seperti di jalanan, pesta, keributan, pantai dan sebagainya.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara membuat mikrofon eksternalnya, anda arus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Cinema FV atau Open Camera (Terserah mau pakai yang mana).

Mengapa saya memilih Cinema FV atau Open Camera, Karena aplikasi Kamera ‘bawaan’ android rata-rata tidak dapat mendukung fitur mikrofon eksternal.

Cara 1


pembuatan dan  Bahan-bahan yang diperlukan :

- Headset bekas (diusahakan yang mengalami kerusakan di speakernya saja, seperti speaker mati sebelah dan speaker mati total yang penting mic pada headset tersebut masih bagus)
- Gunting
- Ties pengerat
- Kain Nilon hitam (bisa bekas kaos kaki, tapi kaos kaki yang masih bersih)
- Kapas secukupnya.

Langkah Pembuatan :

1. Potong kabel speaker headset (kabel yang bercabang dua diatas tombol kontrol headset)
2. Balut tombol kontrol headset menggunakan kapas secukupnya (Jangan terlalu tebal membalut dengan kapas, nanti suara yang dihasilkan terlalu kecil.) fungsi kapas ini berfungsi sebagai peredam noise pada mikrofon.
3. gunting kain nilon bekas kaos kaki dan tutup tombol kontrol headset yang teah dibalut kapas dengan kain nilon kaos kaki.
4. kencangkan/eratkan bungkusan kain nilon kaos kaki dengan ties kabel pengerat.
5. Selesai. Setelah mikrofon eksternal smartphone android telah jadi, saya akan menjelaskan cara mengguakan mikrofon eksternalnya.

Berikut adalah cara menggunakan mikrofon eksternal:
1. Colokan mikrofon di lubang headphone/headset (Jack 3.5 mm) pada smartphone anda
2. Buka aplikasi FV Cinema atau Open Camera
3. Konfigurasikan input suara aplikasi tersebut sesuai cara dibawah ini :
FV Camera
- Buka Aplikasi FV Cinema
- Buka Pengaturan Kamera (sentuh gambar gear pada pojok kiri paling atas)
- Sentuh Pengaturan Audio (ikon Kerucut menyerupai speaker)
- Pilih Audio Source lalu pilih External Mic Jika masih bingung silahkan ikuti langkah gambar dibawah ini Child birth (graphic cont Child birth ( graphic content ) www.youtube.com Ads By SpeedyAds Open Camera
- Buka aplikasi Open Camera
- sentuh ikon gear pada pojok kanan atas
- Scroll kebawah lalu klik Video Settings.
- Scroll Kebawah sentih Audio Source
- Pilih External Mic (if present)

Nah itu tadi merupakan cara pertama untuk merakit Handset menjadi microphone. Dan berikut merupakan cara keduanya.

Cara 2


Bagi teman-teman yang sebelumnya hobi atau suka dengan kegiatan seperti karaoke ataupun suka membuat video tutorial, bermain game dan kemudian kalian merekam momen kalian tersebut, ada saatnya pasti akan berfikir bagaimana cara mensetting/mengatur headset kesayangan kalian tersebut agar bisa dijadikan sebagai microphone.

Sebenarnya tidak perlu membeli headset mahal, jika hanya untuk dimanfaatkan untuk bersuara atau berbicara melalui headset tersebut namun kita cukup memanfaatkan headset yang ada saja.

Misalnya kita hanya punya sebuah headset dari handphone. Maka dari itu kalian bisa menggunakan headset handphone tersebut untuk dijadikan sebuah microphone. Nah pada kesempatan kali ini

akan berbagi bagaimana cara menjadikan headset handphone untuk dijadikan sebagai microphone dan juga membuat apa yang kalian ucapkan terdengar pada headset tersebut.
Caranya sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :
- Pertama-tama masukkan headset yang sudah kalian siapkan pada lubang jack audio, biasanya pada lubang audio terdapat gambar simbol headset dan juga biasanya berwarna hijau. Seperti pada gambar dibawah ini.
- Setelah itu kemudian masuk pada menu komputer dengan mengeklik start - control panel - hardware and sound -sound - pilih tab recording .
- Arahkan kursor pada gambar microphone
- kemudian Klik kanan
- Enable kemudian Ok.
- klik pada menu listen
- beri tanda ceklis pada listen to the device -kemudian ok. Pilih pada menu level , naikkan volume pada microphone, ini bertujuan agar suara anda terdengar dengan apa yang kalian ucapkan pada mic headset.

Itulah tadi cara merakit handset hp menjadi microphone. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Copyright © SATUUNTAD All Right Reserved
Powered by Blogger