BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Teknologi digunakan untuk memudahkan
kehidupan manusia. Teknologi
sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya
saja jika jaman dahulu teknologi
cenderung masih sederhana. Seiring
dengan berkembangnya waktu, kini
teknologi menjadi semakin maju dan
bermanfaat bagi manusia.
IPA dan teknologi merupakan dua istilah
yang saling berkaitan erat. Memahami
teknologi tidak dapat dipisahkan dari
Ilmu Pengetahuan Alam dan rekayasa.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah input
bagi proses ilmu rekayasa sedangkan
teknologi adalah hasil proses rekayasa.
Pendidikan merupakan lembaga yang
sangat mempengaruhi perkembangan
IPA dan teknologi. Ilmu terus
berkembang melalui adanya pendidikan.
Keterkaitan antara IPA, teknologi dan
pendidikan sangatlah erat. Maka disini
peran guru menjadi penting. Seorang
guru dituntut untuk menguasai
perkembangan teknologi terlebih yang
ada di dalam masyarakatnya. Jika guru
memahami konsep teknologi beserta
prinsip kerjanya secara mendalam, maka
diharapkan guru mampu
menghubungkan teknologi tersebut
dengan pembelajaran di sekolah.
Misalnya dihubungkan dengan prinsip-
prinsip IPA, dengan begitu pembelajaran
menjadi lebih bermakna den relevan,
bahkan diharapkan siswa mampu
mengembangkan kedepannya.
B. Rumusan masalah
1. Apa yang dimaksud dengan teknologi?
2. Apa hubungan ipa dengan teknologi?
3. Apa dampak penggunaan teknologi?
4. Sebutkan contoh-contoh teknologi?
C. TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian
teknologi.
2. Untuk mengetahui hubungan IPA
dengan teknologi.
3. Untuk mengetahuidampak kemajuan
teknologi.
4. Untuk mengetahui contoh-contoh
teknologi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi merupakan cara (proses) atau
alat (produk) untuk membantu orang
menghasilkan sesuatu. Contohnya
kompor minyak tanah merupakan hasil
teknologi untuk membantu orang untuk
menyalakan api yang besarnya dapat
diatur, menempatkan alat pemasak yang
tepat di atas api itu, dan relatif aman.
Teknologi merupakan teknik menyusun
objek untuk menghasilkan suatu proses
yang diharapkan, membuat konstruksi di
alam dan membuat alat untuk
mengendalikan cara alam bekerja guna
menghasilkan sesuatu yang diharapkan
orang. Adapun tingkatan teknologi yang
dapat menggambarkan suatu masyarakat
itu modern dengan memakai alat-alat
yang sangat canggih atau masyarakat itu
maju tetapi dengan menggunakan suatu
alat yang sederhana.
1. Teknologi Tinggi (Hi-tech)
Suatu jenis teknologi mutakhir yang
dikembangkan dari hasil penerapan ilmu
pengetahuan terbaru. Contoh : komputer,
laser, bioteknologi, satelit komunikasi,
dan sebagainya. Ciri-ciri teknologi tinggi
ini adalah padat modal, didukung
rasilitas riset dan pengembangan, biaya
perawatan tinggi, ketrampilan
operatornya tinggi, dan masyarakat
penggunanya ilmiah. Sekarang ini banyak
sekali negara-negara maju sedikit demi
sedikit menerapkan Teknologi Tinggi (Hi-
tech) ini, semisal di Amerika Serikat,
Jepang, Jerman, dan lain sebagainya.
2. Teknologi Madya
Suatu jenis teknologi yang dapat
dikembangkan dan didukung
masyarakat, lebih sederhana dan dapat
digunakan dengan biaya dan kegunaan
yang paling menguntungkan. Ciri
teknologi madya adalah tidak
memerlukan modal yang terlalu besar
dan tidak memerlukan pengetahuan
baru, karena telah bersifat rutin.
Penerapan teknologi madya ini bersifat
setengah padat modal dan padat karya,
unsur-unsur yang mendukung
industrinya biasanya dapat diperoleh di
dalam negeri dan ketrampilan
pekerjanya tidak terlalu tinggi. Sebagian
masyarakat Jepang telah menerapkan
teknologi madya ini di negaranya. Salah
satunya yaitu mereka membuat suatu
boneka dari kayu yang memang relative
mudah dan menarik sehingga boneka
kayu dari Jepang sudah sangat terkenal
dibelahan dunia.
3. Teknologi Tepat Guna
Pada umumnya sebagai teknologi madya
dengan tingkatan yang lebih sederhana.
Teknologi ini dicirikan dengan skala
modal kecil, peralatan yang digunakan
sederhana, dan pelaksanaannya bersifat
padat karya. Biasanya dilakukan di
negara-negara berkembang, karena dapat
membantu perekonomian di pedesaan,
mengurangi urbanisasi dan menciptakan
tradisi teknologi dari tingkat paling
sederhana. Teknologi tepat guna ini
sering disebut juga teknologi pedesaan
atau teknologi pribumi. Contonya dalam
Masyarakat Indonesia sendiri, tepatnya
masyarakat Bali. Masyarakat Bali hampir
seluruhnya membuat kesenian baik itu
berupa lukisan, patung, maupun karya-
karya dari tangan (anyaman) yang
menguntungkan dan mambawa hasil
yang baik dari membuat kesenian
tersebut.
B. HUBUNGAN IPA DENGAN
TEKNOLOGI
Teknologi dapat dibentuk dari IPA, tetapi
dapat juga terbentuk tanpa IPA.
Teknologi tanpa IPA dapat diibaratkan
sebagai mobil yang mesinnya hidup dan
bergerak maju, tetapi tanpa sopir. Betapa
berbahayanya mobil itu, karena dapat
menabrak apa saja yang ada di
depannya. Jika ada sopir di dalam mobil
itu, sopir akan mengendalikan mobil,
sehingga mobil itu aman dan bermanfaat
bagi manusia, sopir itulah IPA. Jadi, IPA
ada dalam teknologi dan mengendalikan
teknologi, sehingga teknologi aman dan
bermanfaat bagi manusia. Berikut ini
hubungan IPA dan teknologi:
1. IPA dan Teknologi berdiri sendiri
Istilah teknologi berasal dari kata techne
dalam bahasa yunani dan kata logos
berarti seni atau keahlian ataupun
keterampilan. Karena itu pada mulanya
teknologi berarti seni, cara-cara, atau
keterampilan membuat alat atau barang
untuk mempermudah pekerjaan
manusia. Dengan demikian dalam arti
sempit teknologi sudah ada sejak dahulu
kala. Manusia purba membuat alat-alat
dari batu untuk berburu, berarti alat-alat
dari batu ini merupakan produk
teknologi. Perubahan produk-produk
teknologi pada masa tersebut terpisah
dari perkembangan IPA.
2. Hubungan tidak langsung antara
IPA dan Teknologi
Dalam arti luas teknologi menunjuk pada
semua proses yang berkenaan dengan
materi didalamnya termasuk cara
berpikir, rancangan dan hasil proses
tersebut. Produk-produk teknologi pada
tahap ini mempunyai hubungan erat
dengan industri, terutama sesudah
zaman revolusi industri. Pada tahap ini,
teknologi mempunyai hubungan tidak
langsung dengan IPA. Hal ini desebabkan
IPA memberikan ide-ide kepada
perkembangan teknologi tetapi tidak
banyak memperhatikan penuntun
bagaimana menerapkannya. Penyelesaian
masalah teknologi harus datang dari
pihak teknologi sendiri dan bukan IPA.
Salah satu contoh yang menunjukkan
hubungan tidak langsung ini adalah
penemuan mesin uap (james watt).
Konsep yang mendasari penemuan mesin
uap ini adalah dari IPA yaitu bahwa uap
mengandung energi, tetapi penerapannya
dalam mesin uap dan alat lain yang
menggunakan uap sepenuhnyya
tergantung kelompok teknologi dan
bukan para ilmuwan IPA. Banyak produk
teknologi bidang pertanian, mesin dan
kedokteran memperoleh ide dari konsep
mekanika, listrik dan kimia biologi.
3. Teknologi Mempunyai Hubungan
Langsung dengan IPA
Sesudah revolusi industri, IPA
berkembang dengan pesat dan konsep-
konsep IPA secara langsung banyak
diterapkan dalam bidang teknologi. Pada
masa ini teknologi mempunyai arti
sebagai penerapan IPA.
Sebaiknya produk teknologi
akhirnya dimanfaatkan oleh ahli IPA
untuk meningkatkan penemuan konsep
baru, yang seterusnya akan
menghasilkan produk teknologi yang
lebih mutakhir. Ini berarti antara IPA
dengan teknologi ada hubungan timbal
balik, isi mengisi untuk terus
berkembang. Dengan penemuan Thomas
Alva Edison berupa lampu listrik dan
aliran listrik, maka dibuatlah listrik
tegangan tinggi yang dapat dialirkan
ketempat-tempat yang
membutuhkannya.
Baik teknologi maupun IPA keduanya
merupakan ilmu yang sistematis. IPA
berupaya mencari dan memberi
kejelasan fenomena alam yang dijumpai
dalam kehidupan. Sedangkan teknologi
berupaya mencari dan merumuskan cara
menciptakan sistem untuk memecahkan
masalah dan mendukung kehidupan
masyarakat maupun individu.
C. DAMPAK PENGGUNAAN
TEKNOLOGI
Pada satu sisi, perkembangan dunia
IPTEK yang membawa manfaat luar biasa
bagi kemajuan peradaban umat manusia.
Kemajuan IPTEK telah diakui dan
dirasakan memberikan banyak
kemudahan dan kenyamanan bagi
kehidupan umat manusia. Namun, pada
sisi lain, pesatnya kemajuan iptek
ternyata juga cukup banyak membawa
pengaruh negatif. Berikut adalah manfaat
dan dampak negatif dari Ilmu
Pengetahuan Alam dan Teknologi .
Dampak Negatif Penggunaan Teknologi :
a. Bidang Pendidikan
1) Kerahasiaan alat tes semakin
terancam. Program tes inteligensi seperti
tes Raven, Differential Aptitudes Test
dapat diakses melalui compact disk.
Implikasi dari permasalahan ini adalah,
tes psikologi yang ada akan mudah sekali
bocor, dan pengembangan tes psikologi
harus berpacu dengan kecepatan
pembocoran melalui internet tersebut.
2) Penyalahgunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukan
tindak kriminal. Kita tahu bahwa
kemajuan di bidang pendidikan juga
mencetak generasi yang berpengetahuan
tinggi tetapi mempunyai moral yang
rendah. Contonya dengan ilmu komputer
yang tinggi maka orang akan berusaha
menerobos sistem perbankan dan lain-
lain.
b. Bidang Informasi dan komunikasi
Penggunaan suatu informasi dari situs
tertentu yang terdapat di internet bisa
disalah gunakan pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab. Seperti kasus yang
sedang marak terjadi di situs jejaring
sosial diantaranya kasus penipuan dan
penculikan.
c. Bidang Ekonomi dan Industri
1) Terjadinya pengangguran bagi tenaga
kerja yang tidak mempunyai kualifikasi
yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
2) Sifat konsumtif sebagai akibat
kompetisi yang ketat pada era globalisasi
akan juga melahirkan generasi yang
secara moral mengalami kemerosotan:
konsumtif, boros dan memiliki jalan
pintas.
d. Bidang Sosial dan Budaya
1) Kemerosotan moral di kalangan
warga masyarakat, khususnya di
kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan
kehidupan ekonomi yang terlalu
menekankan pada upaya pemenuhan
berbagai keinginan material, telah
menyebabkan sebagian warga
masyarakat menjadi “kaya dalam materi
tetapi miskin dalam rohani”.
2) Pola interaksi antar manusia yang
berubah. Kehadiran komputer pada
kebanyakan rumah tangga golongan
menengah ke atas telah merubah pola
interaksi keluarga. Komputer yang
disambungkan dengan telepon telah
membuka peluang bagi siapa saja untuk
berhubungan dengan dunia luar. Selain
itu tersedianya berbagai warung internet
(warnet) telah memberi peluang kepada
banyak orang yang tidak memiliki
komputer dan saluran internet sendiri
untuk berkomunikasi dengan orang lain
melalui internet. Kini semakin banyak
orang yang menghabiskan waktunya
sendirian dengan komputer. Melalui
program internet relay chatting (IRC)
anak-anak bisa asyik mengobrol dengan
teman dan orang asing kapan saja.
e. Bidang Kesehatan
Munculnya pencemaran lingkungan yang
disebabkan oleh polusi dan limbah-
limbah industri.
Dampak Positif Teknologi :
a. Bidang Pendidikan
Munculnya media massa, khususnya
media elektronik sebagai sumber ilmu
dan pusat pendidikan. Dampak dari hal
ini adalah guru bukannya satu-satunya
sumber ilmu pengetahuan. Metode-
metode pembelajaran yang baru, yang
memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran.Dengan kemajuan
teknolog terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami
materi-materi yang abstrak, karena
materi tersebut dengan bantuan
teknologi bisa dibuat abstrak.
b. Bidang Komunikasi dan informasi
Media pertukaran data, dengan
menggunakan telepon, telegraf, email,
newsgroup, ftp dan www (world wide
web - jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia
dapat saling bertukar informasi dengan
cepat dan murah. Mendapat pelayanan
bank dengan mudah. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
c. Bidang jasa pelayanan kesehatan.
Institusi kesehatan menggunakan
teknologi informasi untuk memberikan
pelayanan secara terpadu dari
pendaftaran pasien sampai kepada
system penagihan yang bisa dilihat
melalui internet.
d. Bidang ekonomi dan industri
Penemuan dan kemajuan teknologi mesin
banyak membantu kesejahteraan
manusia. Misalnya mesin pemintal
benang, mesin cetak, mesin tenun, dsb.
Dengan menggunakan energi yang
terkandung dalam bahan bakar,
menyebabkan transportasi dapat menjadi
lebih cepat karena adanya kendaraan
bermotor.
e. Bidang sosial dan budaya
Banyak pakar yang berpendapat bahwa
kini semakin besar porsi wanita yang
memegang posisi sebagai pemimpin, baik
dalam dunia pemerintahan maupun
dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan
perilaku ke arah perilaku yang
sebelumnya merupakan pekerjaan pria
semakin menonjol.
D. BEDAH TEKNOLOGI
1. CD (Compact Disk)
a. Pengertian
Cakram Digital (bahasa Inggris: Compact
Disc, disingkat CD), cakram padat, atau
piringan cakram adalah sebuah piringan
optikal yang digunakan untuk
menyimpan data secara digital. Sejak
diperkenalkan secara resmi pada tahun
1982, CD memperoleh puncak penjualan
pada tahun 2000 yaitu mencapai 2.445
juta keping Keuntungan yang diperoleh
dari CD adalah kualitas suara yang
dihasilkan lebih bagus dibandingkan
dengan yang ada di kaset, selain itu CD
sangat ringan dan mudah dibawa serta
merupakan barang yang sangat tahan
lama. CD menawarkan kapasitas
penyimpanan data yang besar serta
kapabilitas produksi.
b. Sejarah CD
Pada tahun 1970 Philips memulai
penelitian mengenai ALP (Audio Long
Play), sebuah sistem audio untuk
menghadapi teknologi rekaman.1977
Philpis memulai untuk mengambil
inisiatif membuat format baru audio, dan
banyak nama yang didiskusikan, seperti
Mini Rack, MiniDisc, atau CompactRack
dan compact Disc. 1979 Philips
memamerkan CD di Jerman dengan
kualitas audio yang sangat baik (High
audip quality). Philips berkelana ke
Jepang untuk mengadakan perundingan
pembuatan format standar dari keping
audio, dan Philips mendapatkan
kesepakan dengan Sony. 1982 Philips
memproduksi pemutar CD pertama
kalinya. Seiring dengan jalannya waktu
Philips mengembangkan teknologi CD
semakin hebat. Sejak itulah CD mulai
dikenal di kancah perduniaan, hampir
empat ratus Miliar CD telah diproduksi.
c. Cara Kerja
Biasanya piringan CD berwarna perak.
Proses pembuatannya adalah dengan
cara menaruh selembar lapisan plastik
yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar
laser itu akan membentuk semacam pit
(lubang) berukuran mikro, yang sangat
kecil sekali. Lubang-lubang itu akan
membentuk deretan kode yang isinya
berupa data. Sekali tercipta lubang, maka
tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan
plastik itu akan dibungkus lagi oleh
plastik cair yang berguna sebagai
pelindung dan pemantul. Semua itu
prosesnya dilakukan secara bertahap
dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan
CD bentuknya mirip cetakan kue
martabak manis dan analogi
pembuatannya juga mirip seperti itu. CD
bersifat read only (hanya dapat dibaca,
dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat
membaca isi CD, alat utama yang
diperlukan adalah CD Drive.
Perkembangan CD terkini
memungkinkan CD dapat ditulisi
berulang kali (Re Write / RW) yang lebih
dikenal dengan nama CD-RW.
CD yang ada saat ini umumnya terbuat
dari resin (polycarbonate) dan dilapisi
permukaan yang sangat reflektif seperti
alumunium. Informasi direkam secara
digital sebagai lubang-lubang
mikroskopis pada permukaan yang
reflektif. Proses ini dilakukan dengan
menggunakan laser yang berintensitas
tinggi. Permukaan yang berlubang ini
kemudian dilapisi oleh lapisan bening.
Informasi dibaca dengan menggunakan
laser berintensitas rendah yang
menyinari lapisan bening tersebut
sementara motor memutar disk.
Intensitas laser tersebut berubah setelah
mengenai lubang-lubang tersebut
kemudian terefleksikan dan dideteksi
oleh fotosensor yang kemudian
dikonversi menjadi data digital.
Penulisan data pada CD hanya dapat
dilakukan sekali saja. Walaupun
demikian, optical disk ini memiliki
keunggulan dari segi mobilitas.
Bentuknya yang kecil dan tipis
memudahkannya untuk dibawa kemana-
mana.
Suara yang ditangkap oleh alat
pemproses suara memiliki tipe data
digital yang mana datanya dinyatakan
dalam bilangan biner, yaitu 0 dan 1.
Serangkaian 0 dan 1 ini
merepresentasikan suatu nilai sendiri
yang mana dengan decoder tertentu akan
menghasilkan nilai yang diinginkan (data
yang diperoleh tidak rusak/sesuai). Pada
kepingan CD, data 0 diperoleh dari
lubang yang dibuat oleh CD writer,
sedangkan data 1 tidak memiliki lubang.
Jadi, deretan data seperti 1011, dalam
bentuk fisik akan menjadi: rata-lubang-
rata-rata. Lubang ini dimensinya sangat
kecil sekali.
Konstruksi CD dengan lubang ini
bukanlah apa yang terjadi pada jaman
sekarang. Namun, dasarnya sama.
Sekarang, lobang atau ratanya diganti
dengan transparan atau buramnya salah
satu lapisan pada CD yang namanya
Photosensitive Dye. Dari lapisan ini dapat
ditentukan pola deretan data 1 dan 0.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi merupakan salah satu bukti
kemajuan peradaban manusia saat ini.
Dengan berbagai teknologi yang terbilang
canggih, maka kehidupan manusia
menjadi lebih mudah.
IPA dan teknologi merupakan dua
komponen yang saling melengkapi. Ada
tiga hubungan IPA dengan teknologi,
yaitu :
1. Hubungan tidak langsung
antara IPA dan Teknologi.
2. IPA dan Teknologi berdiri
sendiri.
3. Teknologi Mempunyai
Hubungan Langsung dengan IPA.
Adapun dampak dari adanya teknologi
yaitu ada dampak positif dan dampak
negative. Teknologi memberikan dampak
positif, intinya bahwa dengan kemajuan
teknologi, manusia semakin mudah
menjalani kehidupan. Sedangkan
dampak negatifnya yang paling menonjol
adalah dampak akan pencemaran
lingkungan. Baik akibat polusi industry
maupun munculnya gas rumah kaca
pada penggunaan teknologi tertentu.
CD merupakan salah satu bentuk
kemajuan teknologi. Dengan adanya CD
manusia dapat dengan mudah
menyimpan file (digital) dalam
kehidupannya. Tak kalah penting,
teknologi sangat bermanfaat untuk
mengatur kelancaran arus lalu lintas
terutama untuk daerah yang padat
dengan kendaraan.
B. Saran
Demikian makalah ini kami buat, kami
berharap makalah ini bisa dikembangkan
lebih jauh lagi. Sebagai calon guru, kita
harus tetap selalu belajar dan berusaha
untuk memahami berbagai
perkembangan teknologi terutama yang
terjadi di sekitar kita. Semoga makalah
ini bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Soendjojo, Dirjosoemarto. 1994.
Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.
http://aroel77.blogspot.com/2011/04/
dampak-perkembangan-ipa-dan-
teknologi.html diakses pada tanggal 29
April 2011. Pukul 11:56.
http://besteasyseo.blogspot.com/2010/08/
manfaat-dampak-positif-teknologi-
nano.html. Diakses pada tanggal 29 April
2011. Pukul 14.02 WIB.
http://www.kaskus.us/showthread.php?
t=4194869
http://
yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/
dampak-positif-dan-negatif-akibat-
perkembangan-teknologi-internet/
Anonim. 2010. Lampu Lalu Lintas.
Pada http://
www.k12008.widyagama.zc.id/rl/
diktatpdf/
bab5_lampu_lalu_lintas.pdf.Diakses pada
tnggal 29 April 2011. Pukul 13.30 WIB.
http://www.id.wikipedia.org/wiki/
cakram_padat. Tanggal 06 April 2011 jam
13:15
Anonim. 2011. Proyektor LCD. file:///E:/
kuliah/Semester%204/ipa/
Proyektor_LCD.htm. Diakses pada tanggal
1 Mei 2001 pukul 15.03 WIB.
Thursday, April 5, 2018
Makalah Fisika Teknologi Digital Lengkap
Penulis Anto